-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tips Kesehatan : Cara mengatasi MORE Ala Nenek Moyang dari Bone

    Minggu, 01 April 2018, April 01, 2018 WITA Last Updated 2018-04-01T23:32:34Z

    More di sini bukanlah berarti lagi yang berasal dari bahasa Inggris, tapi more yang dimaksud berasal dari bahasa bugis Bone yang berarti batuk. Mengapa saya mengangkat topik ini karena kesannya katanya yang singkat dan sederhana tidak sesimple rasa ketika kita mengalaminya.

    Akibat yang ditimbulkan oleh more (batuk) ini adalah susah tidur apalagi di malam hari dan akhirnya di pagi hari wajah menjadi pucat, tekanan darah menjadi rendah dan pusing. Jika anda mengalamai more yang tingkatannya masih rendah lalu membiarkannya maka dapat membuat tingkatannya naik menjadi "more" yang lebih parah. Anda mungkin sudah sering ke dokter dan diberikan berbagai macam obat yang mampu menghilangkan batuk sesaat. Itu masih lebih bijak daripada membiarkan diri anda tersiksa di malam hari daripada ketika anda hanya berdiam diri di rumah tanpa pengobatan apapun. Nenek moyang kami di Bone dulunya punya cara tersendiri untuk mengatasi "more" tersebut. Berikut akan saya paparkan lebih lanjut.

    Khusus untuk anda yang tidak ingin ke dokter entah atas alasan apapun itu, saya punya tips mengatasi more berdasarkan cara nenek moyang orang Bone dan telah saya buktikan sendiri:

    1. Jahe
        
    Untuk batuk yang belum parah disarankan untuk mengonsumsi jahe. Dengan cara mengupas kulit jahe lalu bilas, kemudian parut atau blender lalu rebus bersama air (jangan terlalu lama direbus). Tambahkan gula merah saat direbus secukupnya menurut selera(jangan terlalu banyak). Saring lalu buang ampasnya dan minumlah air jahe tersebut ketika masih hangat(agak panas semampu lidah anda) langsung habiskan 1 gelas. Jika anda punya madu di rumah maka tak perlu memakai gula merah. Minumlah secara rutin 3 x sehari selama 3 hari tanpa berhenti.

    2. Jahe + Kunyit

    Untuk anda yang batuknya sudah parah maka gunakan Jahe dan kunyit sekaligus. Jahe dan kunyit dikupas kulitnya lalu diparut atau diblende dan dimasak. Proses pengolahannya sama dengan di poin 1 . Lalu diminum 3 x sehari selama 3 hari. Jika perlu minum sampai 1 minggu berturut tanpa henti. Namun khusus wanita sebaiknya untuk penggunaan kunyit dibatasi karena dapat menyebabkan rahim menjadi kering (tidak subur). Cukup diminum selama 3 hari lalu lanjutkan dengan minum air jahe saja.

    Itulah tips kesehatan mengatasi more (batuk) yang mengganggu yang saya dapatkan dari orang tua (nenek moyang) saya. Jika orang Jawa terkenal dengan jamunya maka Orang Bone punya cara tersendiri untuk menyehatkan badan salah satunya mengatasi more. saran saya "aja tasessa aleta, narekko more ki inungki pabbura, nawedding paja lasata na weddingi majjama masappa dalle".


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    Ragam

    +