-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pj.Bupati Bone sampaikan Dua Cara Produksi Padi Yang Efektif dan Efisien Kepada Masyarakat Lamuru

    Jumat, 27 April 2018, April 27, 2018 WITA Last Updated 2018-04-28T02:41:37Z

    Mediatimur.com BONE -- Penjabat Bupati Bone, Ir.H.A.Bakti Haruni, C.E.S. didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone Ir.H.Sunardi Nurdin,M.Si. disambut Forkopimcam Lamuru disertai tarian budaya lokal, dalam rangka menghadiri acara Tudang sipulung Tingkat Kabupaten Bone di Desa Poleonro Kecamatan Lamuru, Kamis (26/04/2018).

    Tudang Sipulung ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi Musim Tanam April-September 2018. Tudang Sipulung bertujuan sebagai fungsi silturahmi juga untuk mencari solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi para petani serta hal-hal yang mungkin bisa terjadi khususnya menghadapi Musim Tanam April-September 2018.

    Acara Tudang Sipulung turut dihadiri ketua Kelompok Tani se-Kabupaten Bone, Distributor Pupuk, Penyuluh Pertanian Lapangan, Bapak/Ibu Tani, Tokoh Masyarakat, dan Warga setempat.

    Pj Bupati Bone, Ir. H. A. Bakti Haruni, C.E.S dalam sambutannya mengatakan, Ada 2 cara produksi padi yang efisien dan efektif, pertama Intensifikasi yakni, kita menggarap lahan yang ada dengan pemanfaatan teknologi. Kemudian yang kedua Eksentifikasi, yaitu memperluas lahan.

    Pertama Intensifikasi, yakni salah satu usaha untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah ada. Ini bisa ditempuh dengan cara kita menggarap lahan yang ada dengan pemanfaatan teknologi.

    Kedua Eksentifikasi, yaitu perluasan areal pertanian ke wilayah yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Misalnya membuka semak belukar dan hutan, daerah sekitar rawa-rawa.

    Namun menurutnya, hal ini dilakukan apabila lahan pertanian yang tersedia dianggap tidak mampu lagi mendukung penyediaan produksi yang diharapkan. Karena ekosistem lainnya tetap kita harus jaga.

    Pj Bupati Bone A.Bakti Haruni juga mengharapkan, semoga tahun depan produksi padi di daerah ini akan meningkat lagi dari tahun-tahun sebelumnya.


    Laporan : Melky Syam


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru