-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pasca Dinyatakan Lolos ODF, Kades Corowali Bakal Buat Regulasi

    Friday, April 20, 2018, April 20, 2018 WITA Last Updated 2018-04-20T14:40:51Z

    Mediatimur.com BONE -- Pasca penetapan sejumlah Desa predikat ODF (babas Buang Air Besar) di beberapa kecamatan di Kabupaten Bone, kini giliran Desa Corowali Kecamatan Barebbo Lolos dalam verifikasi ODF, pada Jumat (20/4/2018).

    Berdasarkan hasil laporan temuan anggota Tim Verifikasi yang turun dilokasi, Ketua Tim Verifikasi Kabupaten, Bustang, SKM, M. Kes, menetapkan Desa Corawali lolos Verifikasi ODF, dimana Desa Corawali merupakan Desa ke sembilan di Kecamatan Barebbo lolos Verifikasi ODF atau Desa ke 133 di Kabupaten Bone.

    Verifikasi Desa ODF tersebut dihadir Camat Barebbo, Andi Asman Sulaiman, Danramil Barebbo, A. Abd. Wadu, Kepala UPTD Puskesmas Barebbo, Akram, SKM, M. Kes, Kades Corawali, Andi Arni Amir, S. Sos, Sekdes Corawali, Kadus, Babinkantipmas, Babinsa, BPD Desa Corawali, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

    Setelah menetapkan Desa Corawali sebagai Desa ODF Ketua Tim berharap Desa Corawali berusaha mempertahankan predikat ODF dengan cara membuat suatu aturan yang dapat mengikat masyarakat sehingga tidak lagi BABS tempat.

    "Jadi pertama yang harus dilakukan adalah buat aturan Desa, memasang papan informasi seperti di pinghir suangai, dan melakukan deklarasi bahwa Desa Corawali sudah ODF," terang Ketua Tim Verifikasi Kabupaten setelah melakukan penetapan.

    Menanggapi penyampaian Ketua Tim, Kades Corawali akan segera membuat aturan agar predikat ODF berkelanjutan.

    "Ini merupakan pilar pertama, nanti akan di buatkan perdes agar bisa mengatur pola atau yang dapat merubah prilaku masyarakat yang tidak baik, karena betapa pentingnya hidup sehat dan bersih, dan In Sya Allah kedapan akan ditingkatkan lagi untuk menuju ketingkat selanjutnya," terang Kades Corawali,  Andi Arni Amir, S. Sos.

    Sementara Itu, Camat Barebbo, berharap Desa yang memperoleh predikat ODF selalu melakukan pelestarian agar ODF terus berlanjut bukan hanya pada saat Verifikasi.

    "Pastinya yang kita harapkan bukan hanya pada saat dilakukan Verifikasi, setelah diloloskan tahun depan tidak diperhatikan lagi, hal inikan harus berkesinambungan dan tetap dipelihara karena hidup sehat dan bersih harus terus dilestarikan," terang Andi Asman Sulaiman. (MELKY)


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru