-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kilas Singkat Program TPBIS Melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemkab Morowali

    Rabu, 08 September 2021, September 08, 2021 WITA Last Updated 2021-09-08T07:59:06Z


    Morowali | mediatimur.com | Berawal di tahun 2018, Lembaga Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (LPN-RI) memperkenalkan program nasionalnya melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang menyisir perpustakaan di seluruh Indonesia. Lewat pengembangan dan pembinaan dalam program tersebut, LPN-RI melibatkan pemerintah propinsi maupun pemerintah kabupaten/kota lewat Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

    Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang bertujuan, memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga kemampuan literasi yang berujung adanya peningkatan kreativitas masyarakat dan menipiskan kesenjangan akses informasi.

    Seperti halnya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemkab Morowali, Sulawesi Tengah, di tahun 2018 pun turut serta dalam program tersebut sebagai langkah pengenalan awal.

    Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah Kabupaten Morowali, Zainuddin S.Pd,. M.Pd kepada media ini, pada Rabu (8/9/2021).

    "Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tersebut, memberi dukungan berupa Komputer Fisik, dan Jaringan Pelayanan Pengelolaan Perpustakaan secara online kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah di tahun 2019," ungkapnya.


    Lebih lanjut Zainuddin selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menambahkan, bahwa pada tahun 2020, intansi yang dipimpinnya ditetapkan sebagai penerima manfaat program tersebut, dari 168.670 perpustakaan di seluruh Indonesia masuk 10 besar sebagai penerima manfaat Program Transformasi Perpustakaan Inklusi Sosial.

    "Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah Kabupaten Morowali menerima bantuan buku referensi sebanyak 700 eksamplar, Komputer PC 2 Unit, Printer 1 Unit, dan Jaringan Pengelolaan secara IT 1set tahun 2020," tambahnya.

    Sambung Zainuddin S.Pd M.Pd mengatakan, Di tahun 2021, 3 perpustakaan desa mendapatkan bantuan sebagai penerima manfaat dari LPN-RI dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

    "ketiga desa selaku penerima program tersebut, yakni, Perpustakaan Moro Pinter desa Harapan Jaya Kecamatan Bumi Raya yang baru saja mengikuti Lomba Tingkat Nasional mewakili Sulawesi Tengah, Perpustakaan Lahu Afu asal Kecamatan Bungku Timur dan Perpustakaan Jawi-Jawi Kecamatan Bungku Selatan," tutup Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kabupaten Morowali ini. (Ikhwan)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    Ragam

    +