-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    DPW Wahdah Islamiyah Menggelar Basic Training Tanggap Bencana

    Jumat, 05 Juli 2019, Juli 05, 2019 WITA Last Updated 2019-07-06T05:18:35Z


    Kendari - mediatimur.com -- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara (DPW WI Sultra), H. Muhammad Ikhwan Kapai membuka secara resmi kegiatan Basic Training Tanggap Bencana Wahdah Peduli di Gedung Grapari Telkomsel Kendari, Jalan Jenderal Ahmad Yani No.8 Kadia Kota Kendari, Sabtu (6/7/2019).

    Pelatihan ini digelar oleh DPW WI Sultra dengan mengusung tema Tingkatkan Sinergitas dan Kualitas Demi Kerja Tuntas.

    Ustad Ikhwan sapaan akrab H. Muhammad Ikhwan Kapai mengatakan, pelatihan ini telah direncanakan sejak Peristiwa Gempa Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah beberapa waktu yang silam.

    Dia mengakui bahwa DPW WI Sultra siap membersamai Pemerintah dalam penanggulangan bencana di Indonesia, Sultra secara khusus.

    "Sebagai pemateri kami mengundang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari sebagai bentuk kerjasama dalam persiapan tanggap bencana, termasuk bersama Badan SAR Nasional (BASARNAS)," tutur Ustad Ikhwan.

    Dia melanjutkan, bersyukur atas pelaksanaan kegiatan ini, karena akan membentuk tim Wahdah Peduli (WP) usai pelatihan.

    "Insya Allah nanti tim yang dibentuk siap siaga diturunkan saat bencana terjadi, bahu membahu bersama Pemerintah," tambah dia.

    Setelah dibuka secara resmi, pelatihan dimulai dengan materi pertama yakni Sistem Nasional Penanggulangan Bencana, oleh Muhammad Erwin Fajar selaku Kepala Seksi Penyelamatan Evakuasi dan Penanganan Pengungsi BPBD Kota Kendari.

    Selain materi tersebut, akan dilangsungkan selama dua hari antara lain Standar Operasional Prosedur Tanggap Darurat oleh Wakil Ketua WP Pusat, Bantuan Hidup Dasar dan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (BHD dan P3K) oleh Tenaga Medis Kota Kendari, Jurnalistik Kebencanaan oleh Kordinator Tim Media WP Pusat, Eksistensi Wahdah Peduli oleh Ketua WP Pusat, Trauma Healing oleh Wakil Ketua WP, dan diakhiri dengan Pelatihan Water Rescue oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kota Kendari.

    Turut hadir dalam pembukaan ini, ketua Departemen Sosial Dewan Pimpinan Pusat Wahdah Islamiyah, Ir. Muhammad Musri, dan Wakil Ketua Wahdah Peduli Pusat Muh. Syukri Turusi, dan 30 peserta pelatihan yang berasal dari 10 utusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) WI se Sultra. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    Ragam

    +