-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kreatif, Karya Sang Kades Memperindah Desanya

    Wednesday, June 6, 2018, June 06, 2018 WITA Last Updated 2018-06-07T03:53:47Z

    Tatanan Yang Asri dan Nyaman Dipandang

    LUWU UTARA | MEDIATIMUR.COM |
    Kreatifitas dan bakat seorang Kepala Desa tak bisa dipastikan dalam meramu sebuah perkampungan demi membangun pemukiman di desanya. Tak tanggung-tanggung pemikiran, tenaga, dan finansial pun ekstra untuk mencapai sebuah impiannya dalam menciptakan kondisi desa yang indah.

    Pantauan mediatimur.com pada Kamis (7/6/2018) terlihat jelas suasana yang berbeda saat berkunjung di sebuah desa yang terletak di bagian Selatan Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sawesi Selatan, yakni Desa Batu Alang Kecamatan Sabbang.

    Dari sisi keindahannya, sudah menjadi ciri khas dengan adanya kantor, pagar kantor, halaman, jejeran pot bunga di depan halaman rumah masyarakat, taman baca, taman bermain, hingga bangunan lainnya, yang dipoles menggunakan Cat Warna disertai ukiran-ukiran dari tangan seorang seniman yang juga Kepala Desa Batu Alang itu sendiri.

    Kepada mediatimur.com, sang Kepala Desa ini, Mustamin, mengakui jika dirinya seorang pekerja seni. Awal dari penataan desanya pun dilakukan sejak menjadi kepala desa lima tahun yang lalu di desa tersebut.

    " ini bagian dari pembangunan desa ndi, penataannya saya lakukan lima tahun lalu," katanya.

    Dalam menata desa, beliau juga melibatkan pemuda dan masyarakat terlibat langsung dalam melukis dan mekreasikan icon-icon yang dibuatnya untuk memperindah desanya. Selain itu, tujuannya untuk memberi kenyamanan masyarakat sendiri bagi warganya dengan suasana desa yang indah, asri dan nyaman.

    Beliau juga memberikan pengalaman dan pengajaran kepada pemuda desa untuk menjadikan pemuda yang mandiri, mampu mendapatkan penghasilan dari lukisan dan corak yang diajarkannya, sesuai tuntutan sebuah Desa yang Mandiri.

    "Awalnya pemuda-pemuda yang membantu saya, sekalian berbagi ilmu kepada mereka dan Alhamdulillah, mereka pemuda yang merupakan masyarakat sendiri, sudah ada yang saya lepas dan mandiri," kata Sang Kades yang merupakan keturunan Bugis Bone ini. (Agustyawan/Melky)


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru