-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ada Apa dengan Musrenbang?? Skala Prioritas Desa Yang Setiap Tahunnya Diusulkan, lagi-lagi Tak Terealisasi di Tahun ini

    Monday, May 21, 2018, May 21, 2018 WITA Last Updated 2018-05-22T03:29:29Z

    BONE(Sul-Sel) MEDIATIMUR.COM
    Oleh : Haerunnisa

    Dalam masa transisi pemerintahan Kabupaten Bone,  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) telah melaksanakan Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Bone tahun 2018 pada hari Rabu, 07  Maret 2018 lalu. Dengan tema "Memacu Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan yang Mandiri dan Berdaya Saing."

    Mengingat tema tersebut, sangat jelas bahwa pembangun di kabupaten Bone belum merata. Termasuk pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Cenrana yang sampai saat ini belum rampung, Pembangunan cor baton kurang lebih 16 Km dari kelurahan Cenrana sampai Desa Labotto yang rencananya kemarin akan direalisasikan di tahun 2017, tapi sampai saat ini belum terealisasi. Masih ada kurang lebih 9 Km yang belum terealisasi. Yaitu antara Desa Cakkeware dan Desa Labotto (perbatasan Kab.Bone - Kab.Wajo).

    Dari tahun ke tahun pemerintah setempat mengusulkan pembangunan jalan baton menjadi prioritas utama, tapi di tahun ini berdasarkan Daftar Realisasi Program Kegiatan Fisik Pembangunan Kabupaten Bone Tahun 2018 khusus Desa Cakkeware  yaitu :
    1. pembangunan rehabilitasi saluran tambak,
    2. pembangunan jembatan desa,
    3. perkerasan jalan,

    sedangkan untuk Desa Labotto yaitu
    1. pembangunan jembatan Desa,
    2.pembangunan pengaman pantai/tanggul dan SISMIOP.

    Dari daftar tersebut jelas ditahun ini kelanjutan pembangunan jalan baton belum terealisasi.

    Alhasil pembangunan jalan baton akan kembali menjadi daftar usulan pekerjaan pembangunan di tahun 2019. Sehingga masyarakat setempat masih menikmati jalan yang berlumpur di musim hujan.

    Di Desa Cakkeware terdapat sekolah SMA dan SMP dan tidak sedikit peserta didik dari kedua sekolah tersebut yang pernah mengalami kecelakaan karena jatuh dari kendaraan akibat jalan yang licin dan berlumpur. Alangkah kasian anak sekolah yang seharusnya tiba di Sekolah dengan rapi dan bersih tapi tiba dengan kondisi pakaian yang basah dan berlumpur.

    Saya kira ini menjadi PR kita bersama untuk mendoakan wakil kita yang duduk dikursi dewan semoga mereka mampu menghadapi dinamika politik yang ada. Dan mampu merealisasikan janji yang pernah dilontarkan kepada Masyarakat, jika kami (masyarakat) dijanji maka kami menunggu realisasi.

    Begitu pula kepada Pemimpin Daerah yang terpilih nanti semoga bisa mewujudkan mimpi Masyarakat Desa Cakkeware dan Masyarakat Desa Labotto yang sudah puluhan tahun ingin menikmati jalan yang bagus.

    Menurut evaluasi kami sejauh ini pemerintah sudah cukup tanggap terhadap pembambagunan infrastruktur jalan di Kec. Cenrana. Karena sisa 2 Desa yang belum tersentuh Cor Baton. Meski sebenarnya rencana Pembangunan tersebut akan dirampungkan di tahun kemarin tapi belum terealisasi di tahun ini.

    Yang kami takutkan jangan sampai pembangunannya kembali terpending dan di tahun 2019 kami kembali menelan janji, semoga tidak.


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru