-->
  • Jelajahi

    Copyright © Media Timur
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tim Verifikasi STBM Kabupaten Bone Nyatakan Desa Samaenre ODF

    Jumat, 30 Maret 2018, Maret 30, 2018 WITA Last Updated 2018-03-30T16:55:52Z

    Mediatimur.com BENGO -- Samaenre menjadi desa Ke Tiga dalam kegiatan Open Defecation Free (ODF) / Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dari sembilan desa yang akan dikunjungi oleh Tim Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kabupaten Dinas Kesehatan secara berkelanjutan.

    Dalam kunjungannya ke Desa Samaenre Kecamatan Bengo, Tim Verifikasi STBM Kabupaten Bone yang dipimpin langsung, selaku Ketua, Bustang.AMKL.SKM.M.Kes, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga (Kasi Kesling dan Kesjaor) Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, pada Kamis (29/3).

    "Desa samaenre merupakan desa yang ketiga yang sudah 100 persen masyarakat telah akses ke jamban sehat atau desa yang sudah dinyatakan ODF oleh Tim Verifikasi STBM Kabupaten", ucapnya.

    Kegiatan verifikasi dilakukan oleh Tim STBM Kabupaten didampingi Sanitarian, petugas puskesmas, Pokja Sehat, para kepala dusun, dengan melakukan sampling tiap dusunnya wilayah desa Samaenre dengan metode wawancara dan pengamatan rumah tangga berdasarkan peta sanitasi desa yang didampingi Kelompok Kerja (Pokja) Desa.

    "Yang pertama kita lihat adalah, apakah ada Jamban sehat permanen, apakah digunakan, dan bagaimana perilakunya masyarakat dari kesehariannya, tidak melakukan buang air besar sembarangan (BABS), yang harusnya dijamban yang sehat", Kata Bustang, Kasi Kesling dan Kesjaor Dinkes Bone.

    Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan penyerahan berita acara verifikasi ODF oleh Ketua Tim STBM sebagai bukti bahwa desa Samaenre sudah ODF kepada Kepala Desa Samaenre.

    Laporan : Melky


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    Ragam

    +